MALIN KUNDANG adalah nama cerita rakyat dari SUMATRA BARAT sekaligus nama tokoh dalam cerita itu yang dikutuk menjadi Batu akibat durhaka kepada sang ibunya.

(Ringkas cerita sebagai berikut)

Pada suatu waktu,hiduplah sebuah keluarga nelayan di pesisir pantai Sumatra
keluarga tersebut terdiri dari Ayah,Ibu dan seorang anak laki-laki yang bernama MALIN KUNDANG
karna kondisi keuangan keluarga yang sulit,sang ayah pun bernekat untuk merantau..tetapi lama belum pernah pulang,,
Maka tinggallah si Malin Kundang dan Sang ibunya yqng bernama MANDE RUBAYAH di sebuah gubukkecil yang begitu sangat memprihatinkan..sehingga sang ibu harus menggantikan posisi ayah Malin untuk mencari Nafkah..

Setelah dewasa,MALIN KUNDANG merasa kasihan dengan ibunya yang mencari nafkah demi si Malin ..dan Malin akhirnya memutuskan untuk merantau ikut kapal walaupun ibunya kurang setuju dengan kemauan si Malin tersebut.

Ditengah perjalanan,kapal yang ditumpangi Malin Kundang diserang oleh bajak laut,,semua barang dirampas bahkan awak kapalnya dibunuh..Malin selamat karna bersembunyi..

Setelah terkatung katung ditengah laut,akhirnya MALIN KUNDANG mendarat dan menemukan desa yang sangat amat subur,Dngan kerja keras Malin akhirnya menjadi seorang yang kaya raya..

Berita MALIN KUNDANG yang telah menjadi seorang yang kaya raya dan telah menikah sampai juga kepada sang ibu Malin.
Ibu Malin Kundang sangat senang sekali mendengar berita tersebut dan menjadi semakin rindu kepada Malin sang anaknya.

Pada suatu hari MALIN KUNDANG berlayar dan berlabuh di pelabuhan kampung halamannya..
Mendengar berita MALIN KUNDANG berlabuh,,ibunya langsung menjumpainya.

"MALIN KUNDANG anakku,,mengapa kau pergi begitu lama dan tanpa mengirimkan kabar apapun kepada ibu Nak..?? kata sang ibu malin sambil memeluk si Malin Kundang.
Tetapi apa yang terjadi kemudian..??MALIN KUNDANG segera melepaskan pelukan ibunya dan mendorongnya hingga terjatuh."Wanita tak tau diri,"Ucap si malin kepada ibunya..Sembarangan saja mengaku ngaku sebagai ibuku.."Bentak si Malin Kundang kepada ibunya.

MALIN KUNDANG pura pura tidak mengenali ibunya sendiri..karna malu dengan ibunya yang sudah tua dan mengenakan baju compang camping."Wanita itu Ibumu."?tanya istri MALIN KUNDANG..Tidak..ucap si Malin membalas pertanyaan sang istri..Dia hanya seorang pengemis yang pura pura mengaku sebagai ibuku agar mendapakan hartaku..sahut Malin terhadap istrinya..

Karna merasa dihina dan dikucilkan ibu Malin pun sangat marah besar terhadap perilaku anaknya. dan menyumpahi Malin..Oh Tuhan,kalau ia benar anakku,aku sumpahi dia menjadi sebuah BATU……"Dan tidak berapa lama tubuh MALIN KUNDANG perlahan menjadi kaku dan lama kelamaan akhirnya berbentuk menjadi sebuah batu karang dan kapalnya pun hancur..



Sekian.